Rabu, 16 Januari 2008

Imunisasi Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit hati bera yang ditimbulkan oleh virus hepatitis A (HAV). HAV dapat ditemukan pada tinja penderita hepatitis A dan biasana menular jika diminum atau makan sesuatu yang tercemar dengan virus ini. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti flu, kuning pada mata dan kulit, mencret dan sakit perut.

Imunisasi Hepatitis A dapat mencegah penyakit ini, dan sangat dianjurkan bagi anak berusia 12 bulan atau lebih terutama didaerah endemis. Diperlukan 2 dosis untuk dapat memberikan kekebalanseumur hidup. Dosis ini diberikan dengan jarak waktu minimal 6 bulan.

Seperti vaksin lainnya dan juga obat-obatan lain, imunisasi hepatitis A dapat menimbulkan reaksi alergi serius pada orang yang alergi pada satu atau lebih komponen vaksin ini. Anak yang menderita alergi berat setelah pemberian dosis pertama tidak bolah diberikan dosis selanjutnya. Kadang dapat timbul nyeri pada lokasi suntikan, sakit kepala, kurang nafsu makan dan kelelahan. Namun biasanya akan membaik dalam 1-2 hari. Jika terdapat kejadian serius atau tidak biasa setelah pemberian imunisasi ini harap segera hubungi dokter.

Tidak ada komentar: