Kamis, 10 Januari 2008

Imunisasi Influensa

Imunisasi Influensa yang tersedia saat ini adalah vaksin dengan virus infulensa yang telah dimatikan. Virus influenza mempunyai karakteristik yang khas, yaitu sangat cepat berubah, sehingga imunisasi ini tiap tahun akan diperbaharui. Jadi orang-orang yang hendak melindungi dirinya dari flu perlu mendapatkan vaksin ini setiap tahunnya.

Daya perlindungan akan timbul 2 minggu setelah di vaksin dan akanbertahan sampai 1 tahun. Beberapa orang yang mendapatkan vaksin kemungkinan dapat terkena flu, tetapi kasus mereka lebih ringan daripada mereka yang ridak mendapatkan vaksin. Vaksin flu ini dapat diberikan dengan vaksin lainnya, termasuk vaksin pneumokokus. Vaksin ini diberikan pada anak berusia diatas 6 bulan dan diulang setiap tahun.

Komplikasi dari imunisasi influenza ini sangat jarang terjadi. Virus-virus dalam vaksin influenza non aktif (telah mati) jadi anda tidak dapat terkena influenza dari imunisasi. Masalah ringan termasuk rasa sakit, kemerahan setelah suntukan diberikan, demam, dan gatal. Biasanya terjadi setelah suntukan diberikan dan akan hilan dalam 1-2 hari. Reaksi alergi yang muncul akibat vaksin sangat jarang terjadi, kalaupun ada hanya beberapa menit sampai beberapa jam setelah suntikan diberikan.

Vaksin Influensa ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak dengan alergi berat terhadap telur, anak dengan riwayat sindrom guillain-barre.

Tidak ada komentar: