Sabtu, 01 Desember 2007

Imunisasi Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang dapat merusak hati. Penyakit ini dapat berlangsung lama dan menjadi berat. Dari beberapa penyakit hati akibat virus yang paling berbahaya adalah hepatitis B.

Di Wikipedia dijelaskan Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh “Virus Hepatitis B” (VHB), suatu anggota family Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.

Penyakit ini dapat menular melalui berbagai cara. Diantaranya pencemaran kulit orang sehat oleh darah seorang penderita mudah menularkan virus, misalnya pemasang tattoo, penindik telinga, pengobatan secara tusuk jarum, penyalahgunaan obat dan transfusi darah.

Penularan dapat pula terjadi melalui hubungan sexsual, air liur keringat dan melalui serangga-serangga penghisap darah misalnya nyamuk. Juga bisa terjadi bila kulit yang luka tersentuh benda-benda yag mengandung virus, misalnya sikat gigi, barang mainan, botol bayi, alat cukur, gelas minum, sarung tangan karet, handuk, dan sebagainya.

Didunia ini diperkirakan terdapat lebih dari 250 juta orang yang telah menjadi carrier hepatitis B. dari jumlah tersebut ada sekitar lebih dari 200 juta orang terdapat dibeberapa negara asia. Di Indonesia sendiri diperkirakan jumlah carrier hepatitis B sekitar 10 % dari jumlah penduduk.

Ironisnya, sampai saat ini belum ada pengobatan yang mampu menyembuhkan hepatitis B ini. Obat-obatan yang ada sampai sekarang hanya untuk perawatan pendukung, dan lebih dimaksudkan mencegah komplikasi yang mungkin timbul.

Imunisasi Hepatitis B cukup efektif untuk mencegah hepatitis B dan tentunya juga mencegah kanker hati. Vaksin ini memberikan daya lindung yang sangat tinggi (>96%) terhadap hepatitis B, sebagaimana telah terbukti pada berbagai percobaan klinis dan jutaan pemakainya. Bila jadwal vaksinasi telah dijalani selengkapnya, maka daya lindungnya akan bertaan lebih kurang selama 5 tahun. Setelah itu dapat diberikan tambahan imunisasi untuk memperpanjang daya lindungnya.

Tidak ada komentar: