Sabtu, 05 Januari 2008

Imunisasi Hib

Mumpung papi lagi sempet, Filbert mulai jabarin lagi soal Imunisasi yang masuk dalan kategori imunisasi yang di anjurkan.
Filbert mulai yach....

Vaksin Hib telah memberikan dampak dramatik setelah pertama kali dikeluarkan pada tahun 1985. sejak itu angka kejadian penyakit ini mulai menurun secara drastis. Vaksin HIB ini merupakan vaksin berisi kuman dimatikan, dan dibuat hanya dari sebagian kuman Haemophilus influenza b.

Anak sebaiknya mendapatkan 3-4 kali dosis vaksin ini, tergantung dari produsen pembuat vaksin yang digunakan oleh dokter. Dosis penguat diberikan pada usia antara 12 – 15 bulan. Anak yang telah berusia 5 tahun atau lebih tidak perlu diimunisasi dengan vaksin Hib. Vaksin Hib dapat dikombinasikan dengan vaksin DTap atau dengan vaksin hepatitis B. vaksin ini bekerja sama baiknya dansama amannya dengan vaksin yang diberikan secara terpisah.

Hib merupakan imunisasi yang sangat aman. Vaksin ini tidak dapat menyebabkan penyakit atau meningitis akibat Hib dan biasanya tidak menyebabkan efek samping serius. Sebagian kecil anak yang mendapatkan imunisasi ini akan mengalami kemerahan, bengkak pada lokasi suntikan atau demam. Reaksi ini biasanya timbul dalam 24 jam pertama setelah suntikan dan akan menghilang dalam 2-3 hari. Bayi yang berusia kurang dari 4 minggu sebaiknya tidak diberikan imunisasi karena daya imunitas yang ditimbulkan masih belum baik.

Filbert sendiri telah diberikan imunisasi Hib ini. ujung bulan ini filbert akan di imunisasi Hib yang ke -3 (tiga).

Sumber : Buku Catatan Medik milik Filbert, apabila ada kesalahan Informasi, harap di informasikan yach….

Tidak ada komentar: